Jenis Logo yang Cocok Untuk Bisnis

1. Logo Monogram (atau Lettermark)

Logo atau penanda huruf Monogram adalah logo yang terdiri dari huruf, biasanya inisial merek. IBM, CNN, HP, HBO ... Melihat suatu pola, ya? Mereka adalah inisialisasi dari beberapa bisnis terkenal dengan nama yang agak panjang. Dengan 2 atau 3 kata yang perlu diingat, mereka masing-masing menggunakan inisial mereka untuk identifikasi merek. Jadi masuk akal bagi mereka untuk menggunakan monogram - kadang-kadang disebut logo Lettermark - untuk mewakili organisasi mereka.
Lettermark adalah logo berbasis tipografi yang terdiri dari beberapa huruf, biasanya inisial perusahaan, sangat sederhana. Dengan menggunakan hanya beberapa huruf logo, lettermark cukup efektif dalam mempersingkat merek perusahaan jika mereka memiliki nama panjang. Misalnya, seberapa mudah mengatakan - dan mengingat - NASA ketimbang Administrasi Penerbangan dan Antariksa Nasional?

Karena fokusnya adalah pada inisial, font yang Anda pilih (atau buat) sangat penting untuk memastikan logo Anda tidak hanya sesuai dengan tema perusahaan, tetapi juga terbaca saat dicetak pada kartu nama. Jika bisnis Anda belum dikenal, Anda mungkin ingin menambahkan nama bisnis lengkap Anda di bawah logo sehingga orang-orang dapat segera mulai mengetahui siapa Anda.

2. Wordmarks (atau logotypes)

Mirip dengan tanda huruf, wordmarks atau logotypes adalah logo berbasis font yang berfokus pada nama bisnis saja, contoh: Visa dan Coca-Cola. Logo Wordmark bekerja sangat baik ketika perusahaan memiliki nama yang ringkas dan unik. Logo Google adalah contoh yang bagus untuk ini.


Nama itu sendiri menarik dan mudah diingat sehingga ketika dikombinasikan dengan tipografi yang kuat, logo membantu menciptakan pengenalan merek yang kuat.
Sama halnya seperti lettermark, tipografi juga menjadi bagian yang penting. Karena fokusnya ada pada nama Anda, Anda ingin memilih font — atau membuat font — yang menangkap esensi dari apa yang dilakukan bisnis Anda. Sebagai contoh, label fashion cenderung menggunakan font yang bersih dan elegan yang terkesan mewah, sementara untuk badan hukum atau pemerintah hampir selalu menggunakan teks tradisional yang “lebih berat” yang terkesan aman.

Kapan harus menggunakan jenis logo lettermark dan wordmark:

Gunakan logo lettermark jika bisnis Anda memiliki nama panjang. Mengondisikan nama bisnis menjadi inisial akan membantu menyederhanakan desain Anda dan juga pelanggan akan lebih mudah mengingat bisnis dan logo Anda.
Wordmark adalah keputusan yang baik jika Anda adalah bisnis baru dan perlu memperkenalkan nama Anda, pastikan nama itu cukup pendek untuk menyederhanakan desain. Nama yang terlalu panjang bisa terlihat berantakan.
Logo wordmark juga adalah ide yang bagus jika Anda memiliki nama bisnis yang unik. Menggunakan jenis tulisan yang dirancang dengan baik akan membuat merek Anda lebih mudah diingat.
Baik logo lettermark dan wordmark mudah diaplikasikan di seluruh materi pemasaran dan branding sehingga cocok untuk bisnis baru yang sedang berkembang.
Ingat bahwa Anda ingin berhati-hati saat membuat lettermark dan wordmark. Nama bisnis yang ditulis dalam font saja kemungkinan belum cukup untuk membuat merek Anda menonjol. Jika memiliki budget lebih, sebaiknya Anda menyewa seorang profesional yang lebih berorientasi kepada detail.

3. Logo Gambar (atau logo simbol)

Tanda gambar (kadang-kadang disebut tanda merek atau logo simbol) adalah ikon — atau logo berbasis grafis. Beberapa gambar yang muncul di benak Anda ketika Anda berpikir "logo simbol" antara lain: logo Apple yang ikonik, burung Twitter, target bullseye.


Masing-masing logo perusahaan ini memiliki simbol yang sangat identik, dan mereka sangat terkenal, sehingga ketika simbol itu berdiri sendiri langsung dapat dikenali. Tanda merek yang sebenarnya hanya berupa gambar. Karena itu, ini bisa menjadi tipe logo yang rumit apabila digunakan oleh perusahaan baru, atau yang belum dikenal.

Satu hal yang harus dipertimbangkan ketika akan menggunakan logo simbol adalah gambar apa yang harus dipilih. Gambar ini akan bertahan selamanya mewakili perusahaan Anda. Anda perlu memikirkan implikasi yang lebih luas dari gambar yang Anda pilih: apakah Anda ingin bermain dengan nama Anda (seperti yang dilakukan John Deere dengan logo rusa mereka)? Atau apakah Anda ingin menciptakan makna yang lebih dalam (pikirkan bagaimana hantu Snapchat dapat mewakili suatu merek)? Atau apakah Anda ingin membangkitkan emosi (seperti yang dilakukan oleh World Wildlife Foundation dengan citra panda mereka yang bergaya — spesies yang menggemaskan dan hampir punah)?
hnch

4. Logo abstrak
Logo abstrak adalah jenis logo dengan bentuk geometris abstrak yang mewakili bisnis Anda. Beberapa contoh terkenal termasuk logo BP starburst, lingkaran terbagi Pepsi dan bunga strip Adidas. Seperti logo simbol, logo abstrak berfungsi sangat baik karena merekatkan merek Anda menjadi satu gambar. Namun, alih-alih dibatasi pada gambar sesuatu yang dikenali, logo abstrak memungkinkan Anda membuat sesuatu yang benar-benar unik untuk mewakili merek Anda.

Manfaat dari logo abstrak adalah bahwa Anda dapat menyampaikan apa yang perusahaan Anda lakukan secara simbolis, tanpa bergantung pada makna dari gambar tertentu. Melalui warna dan bentuk, Anda dapat menghubungkan makna dan menumbuhkan emosi di sekitar merek Anda. (Sebagai contoh, pikirkan tentang bagaimana swoosh Nike menyiratkan gerakan dan kebebasan).

5. Logo Maskot
Logo maskot adalah logo yang melibatkan karakter bergambar. Seringkali penuh warna, kadang-kadang kartun, dan paling selalu menyenangkan, logo maskot adalah cara yang bagus untuk membuat juru bicara karakter merek Anda sendiri.

Maskot hanyalah karakter bergambar yang mewakili perusahaan Anda. Anggap mereka sebagai duta bisnis Anda. Maskot terkenal termasuk Kool-Aid Man, Kolonel KFC dan Mr. Peanut Planter. Maskot sangat bagus untuk perusahaan yang ingin menciptakan suasana yang sehat dengan menarik keluarga dan anak-anak. Pikirkan semua maskot itu di acara-acara olahraga dan dinamika hebat yang mereka ciptakan dengan melibatkan diri dengan audiens!

Kapan harus menggunakan logo gambar dan simbol:

  • Logo gambar efektif jika Anda sudah memiliki merek yang cukup dikenal. Anda dapat menggunakan Logo gambar untuk menyampaikan apa yang bisnis Anda lakukan secara grafis jika nama Anda terlalu panjang, dan mereka juga dapat digunakan secara efektif untuk menyampaikan ide atau emosi yang diinginkan.
  • Logo gambar dan abstrak juga berfungsi dengan baik untuk perdagangan global jika, misalnya, nama bisnis sulit diterjemahkan.
  • Namun, Logo gambar mungkin bukan ide yang bagus jika Anda mengantisipasi perubahan pada model bisnis Anda di masa depan. Anda mungkin mulai menjual pizza dan menggunakan pizza di logo Anda, tetapi apa yang terjadi ketika Anda mulai menjual sandwich atau burger, atau bahkan memproduksi?
  • Logo abstrak memungkinkan Anda untuk membuat gambar yang benar-benar unik untuk bisnis Anda, tetapi sebaiknya diserahkan kepada para profesional desain yang memahami bagaimana warna, bentuk, dan struktur bergabung untuk menciptakan makna.
  • Pikirkan tentang logo maskot jika Anda mencoba menarik anak-anak atau keluarga. Salah satu manfaat logo maskot adalah dapat mendorong interaksi pelanggan sehingga dapat meningkatkan pemasaran online maupun offline. Maksudku, siapa yang tidak ingin berfoto selfie dengan Android?
  • Ingat bahwa maskot hanya satu bagian dari logo dan merek yang sukses, dan Anda mungkin tidak dapat menggunakannya di semua materi pemasaran Anda. Misalnya, ilustrasi yang sangat terperinci mungkin tidak dapat dicetak dengan jelas pada kartu nama. Untuk kasus ini mungkin dapat mempertimbangkan penggunaan logo kombinasi, berikut detailnya:

6. Logo kombinasi
Logo kombinasi adalah logo yang terdiri dari gabungan tulisan/huruf dan gambar, logo abstrak, atau maskot. Gambar dan teks dapat diletakkan berdampingan, ditumpuk satu sama lain, atau diintegrasikan bersama untuk membuat gambar. Beberapa logo merek kombinasi terkenal termasuk Doritos, Burger King dan Lacoste.

Karena nama dikaitkan dengan gambar, logo kombinasi adalah pilihan lengkap, dengan teks dan ikon atau maskot yang bekerja bersama untuk memperkuat merek Anda. Dengan tanda kombinasi, orang-orang juga akan mulai mengasosiasikan nama Anda dengan tanda bergambar atau maskot Anda segera! Di masa depan, Anda mungkin dapat mengandalkan simbol logo secara eksklusif, dan tidak harus selalu menyertakan nama Anda. Juga, karena kombinasi simbol dan teks membuat gambar yang berbeda secara bersamaan, logo-logo ini biasanya lebih mudah untuk merek dagang daripada logo gambar saja.


7. Logo Lambang (emblem)


Logo lambang terdiri dari tulisan di dalam simbol atau ikon; bayangkan lencana, segel dan emblem. Logo-logo ini cenderung bergaya tradisional tentang mereka yang dapat membuat dampak yang massive, sehingga sering menjadi pilihan utama bagi banyak sekolah, organisasi atau lembaga pemerintah. Industri mobil juga sangat menyukai logo lambang. Walaupun mereka memiliki gaya klasik, beberapa perusahaan secara efektif memodernisasi tampilan lambang tradisional dengan desain logo yang cocok untuk abad ke-21 (pikirkan lambang putri duyung ikonik Starbucks, atau lambang terkenal Harley-Davidson).

Logo lambang cenderung memiliki detail yang rumit sehingga kurang fleksibel dibandingkan jenis logo lainnya. Desain lambang yang rumit tidak akan mudah ditiru oleh merek lain. Untuk kartu nama, lambang yang rumit ini dapat menyusut sangat kecil sehingga menjadi terlalu sulit untuk dibaca. Juga, jika Anda berencana menyulam logo jenis ini pada topi atau kemeja, maka Anda benar-benar harus membuat desain yang sederhana atau tidak mungkin dilakukan.


Kapan menggunakan logo kombinasi atau logo lambang:

Logo kombinasi adalah pilihan tepat untuk hampir semua bisnis di luar sana. Ini fleksibel, biasanya sangat unik, dan pilihan logo paling populer di kalangan perusahaan terkemuka. Cek portfolio kami!

Penampilan logo lambang tradisional mungkin disukai oleh banyak agensi publik dan sekolah tetapi juga dapat melayani bisnis swasta yang sedang naik daun dengan cukup baik, terutama yang ada di industri makanan dan minuman: label bir dan cangkir kopi (Starbucks!) . Tapi ingat untuk tidak membuatnya terlalu detail sehingga dapat dicetak dengan rapih di semua materi pemasaran Anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

14 Pantai Yang Wajib Di Kunjungi Di Indonesia